Monday, January 27, 2014

Pengertian SEO, Manfaat serta langkah - langkah menerapkan SEO

Pengertian SEO – Hai readers... SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik yang digunakan para webmaster dalam mengoptimalkan suatu blog atau website agar bisa menduduki peringkat teratas SERP (Search Engine Result Page) dengan kata kunci (keyword) yang dibidik oleh pelaku teknik SEO. Yang bisa juga disebut sebagai teknik meningkatkan traffic melalui search engine menuju kepada blog atau website yang telah di optimasi menggunakan teknik SEO.

SEO tidak bisa dipelajari hanya sesaat tetapi harus melewati sebuah proses yang sangat panjang dan anda tidak bisa melihat hasil dari apa yang anda kerjakan saat itu juga. Jadi anda harus ekstra bersabar dan ulet dalam mempelajari teknik SEO. Karena bisa saja SEO yang saat ini ampuh digunakan untuk melakukan optimasi belum tentu di kemudian hari cara yang ampuh tersebut tidak lagi berlaku karena algoritma mesin pencari yang berubah.


Arti SEO

Keuntungan melakukan teknik SEO

  • Karena blog atau website menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian menggunakan search engine maka kemungkinan besar blog atau website tersebut dibanjiri oleh pengunjung
  • Menjadi salah satu cara dalam meningkatkan daya saing
  • Dapat meningkatkan penjualan produk


Menurut pandangan mas-difa blog secara dasar SEO dibagi menjadi dua bagian, dan jika terdapat lebih dari dua berarti terdapat tambahan yang biasanya berupa riset. Apa saja dua dasar tersebut yakni :
SEO on-page yaitu sebuah teknik yang dilakukan mengoptimasi sebuah blog atau website dari dalam blog atau website itu sendiri
SEO off page yaitu sebuah teknik yang dilakukan mengoptimasi blog atau website dari luar blog atau website tersebut.

Langkah - langkah menerapkan SEO

1. SEO on-page

Selanjutnya benahi situs anda agar mengikuti kaidah – kaidah dari algoritma mesin pencari , termasuk juga memasukkan kata kunci yang telah anda riset sebelumnya.
Pengoptimalan SEO on-page meliputi
  • Memasukkan kata kunci pada title tag dan usahakan jumlah karakter pada title tidak lebih dari 70 karakter
  • Memasukkan kata kunci pada meta description dan usahakan jumlah karakter huruf tidak lebih dari 156 karakter
  • Memaksimalkan inbound link atau link building
  • Masukkan kata kunci pada ALT TAG image


2. SEO off page

Pada optimasi  ini anda lakukan di luar situ anda untuk mendapatkan backlink berkualitas yang merujuk pada situs anda. Ada bermacam – macam jenis backlink seperti dari sosial bookmark, dari forum, maupun dari komentar dari blog – blog yang banyak dilakukan oleh teman – teman blogger seperti pada blog ini. :P

3. Riset keyword

Jika situ anda masih terbilang baru, anda harus tahu kata kunci apa saja yang perlu anda kuasai dalam membidik kata kunci yang tepat untuk situs anda. Misalkan tentang cara root android, anda bisa menggunakan kata kunci yang tepat dan sering dicari oleh para pencari informasi dengan menggunakan google adword.
Dan untuk mengenali atau mengetahui siapa saja yang menjadi kompetitor anda, anda bisa melihat melalui search engine dengan memasukkan kata kunci tersebut di google.

contoh kompetitor


Menurut penulis SEO tidak bisa dilakukan secara instan melainkan anda harus sabar, telaten, bertahap dan berkelanjutan. Selain hal tersebut anda harus siap menghadapi algoritma search engine yang setiap saat bisa berubah dan akan mengguncang posisi anda pada hasil SERP. Jadi secara continue anda harus belajar tips – tips SEO terbaru dan selalu mengikuti perkembangan algoritma search engine.

Sebelum anda beranjak pergi meninggalkan masi-difa blog ada baiknya anda klik tombol G+, like dan share. Dan saya ucapkan terima kasih anda telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam Blogger!!

Artikel Terkait

4 komentar

mantap tenan artikelnya.. sangat membantu para marketer online seperti kami.. Salam dari kami di www.juragankrotobagus.blogspot.com

Informasi yang sangat membantu terutama bagi yang sedang mendalami atau baru belajar mengenai SEO.

Bagi agan yang berminat belajar membuat website sesuai keinginan bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

Terima kasih anda telah :
Berkomentar dengan bijak dan jangan melenceng dari topik.
Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komen anda akan dihapus)
Please don't be SPAMERS!!!

 
notifikasi
close