Friday, January 31, 2014

Cara memperbaiki dan cara Redirect broken link pada blog

Hai readers... Pernahkah anda memiliki broken link pada blog? pastinya pernah ya. broken link ini terjadi akibat banyak faktor diantaranya karena disebabkan kesalahan dalam menuliskan URL, posting yang sengaja di hapus atau terhapus. dan masih banyak lagi hal lainnya. Maka dari itu mas-difa blog akan sedikit menjelaskan bagaimana cara memperbaiki broken link pada blog.

Sebetulnya cara memperbaiki broken link pada blog itu tidak bisa tapi arti sebenarnya adalah mengalihkan atau redirect broken link tersebut ke suatu halaman tertentu yang kita inginkan yang berasal dari blog itu sendiri. kenapa harus repot - repot redirect broken link sih? alasan kenapa kita harus repot - repot adalah karena faktor yang ditimbulkan akibat dari broken link yang terlalu banyak adalah fatal.


Redirect broken link

Akibat dari broken link dalam jumlah banyak di blog : 

  1. Link menjadi tidak valid/rusak sehingga menjadi tidaknyamannya pengunjung dan bisa - bisa para pengunjung kabur
  2. Karena banyaknya URL mati / broken link robot telusur jadi tidak bisa bekerja maksimal dan proses crawl pada blog tersebut terhambat. Dan jika hal ini dibiarkan maka lama kelamaan robot telusur memberi tanda blacklist pada blog anda. sehingga robot telusur malas mampir ke blog anda
  3. Akibat dari nomor 2 diatas proses pengindexan artikel baru bisa memakan waktu lama bahkan tidak terindex sama sekali
  4. Google yang membenci broken link bisa menganggap blog anda manipulasi dan akan menandai blog anda sebagai spamers jika terlalu banyak broken link di blog anda dan anda hanya membiarkan hal tersebut.

Cara melihat broken link pada blog : 

Silahkan masuk ke google webmastertools dan pilih dashboard blog anda kemudian pilih menu "perayapan" kemudian "kesalahan perayapan" kemudian pada "kesalahan url akan ada beberapa pilihan mengenai kesalahan yang terjadi.

perbaiki Kesalahan URL


Pada halaman tersebut lihat bagian bawah jika anda memiliki banyak broken link akan terdapat berbaris - baris yang akan tertulis disana.
Anda bisa klik url tersebut untuk mengetahui detail informasi mengenai url tersebut. berikut contoh broken link yang terdapat pada mas-difa blog ini.

Contoh broken link

Broken link tersebut terjadi karena penulis menghapus postingan di blog ini. dan ada kalanya broken link tersebut terjadi karena kesalahan dalam penulisan URL.
Dan jika terdapat banyak broken link anda harus melakukan copy-paste untuk menemukan URL seharusnya dalam blog anda (jika broken link terjadi karena salah dalam penulisan URL). Tapi dengan anda melakukan ini besar sekali manfaatnya dalam SEO.

Cara perbaiki atau redirect broken link : 

Setelah tahu cara melihat broken link tersebut sekarang bagaimana cara perbaiki dan redirect url broken tersebut kehalaman yang seharusnya.
1. Silahkan anda masuk ke dalam dashboard blog anda pilih menu "setelan" kemudian "preferensi penelusuran" dan perhatikan pada "kesalahan dan pengalihan" pilih "pengalihan khusus"
2. kemudian klik edit

redirect broken link
Setelah anda klik "edit" anda akan melihat 2 kolom yang digunakan untuk meletakkan broken link pada kolom yang atas. Dan untuk meletakkan link seharusnya pada kolom nomor 2

redirect broken link

Kemudian masukkan URL broken link yang anda dapatkan dari google webmaster tadi dan jangan lupa untuk menambahkan slash " / " didepan URL broken tadi sebagai contoh :
2014/01/keindahan-salju-abadi-di-indonesia.html
Anda harus menambahkannya menjadi seperti ini :
/2014/01/keindahan-salju-abadi-di-indonesia.html
Kemudian pada url seharusnya anda tulis dengan format sama seperti diatas, misal : 
/p/sitemap.html
yang berarti broken link tersebut penulis alihkan kepada halaman daftar isi blog ini. kemudian berikan centang pada permanen untuk memberikan perintah redirect permanen, kemudian klik simpan.

redirect broken link

Jangan lupa setelah anda melakukan pengaturan tersebut klik "Simpan Perubahan" untuk menyimpan semua setingan anda tadi secara permanen.

Dan jika anda ingin menambahkan lagi untuk pengalihan baru anda tinggal klik "pengalihan baru". Uji coba apakah redirect tadi berhasil atau tidak. caranya dengan mengetikkan broken link tersebut dengan lengkah dan jika pengaturan yang anda buat tepat maka anda akan dialihkan ke tujuan link redirect tadi.

Setelah semua pengaturan yang anda buat tadi pada google webmastertool berikan centang pada brokenlink yang anda alihkan tadi kemudian klik "tandai sebagai telah diperbaiki" Dan google membutuhkan sedikit waktu untuk meng-crawl url - url yang telah diperbaiki. dan semakin banyak url yang diperbaiki maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan. But, anda telah melakukan langkah yang tepat untuk blog anda.

Demikian yang bisa penulis jelaskan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Artikel Terkait

14 komentar

makasih gan.. matur nuwun sanget :)

wah smpet bingung awalnya untuk ketemu blog agan :) makasih infonya :P

antipartaidemokrat.blogspot.com di tunggu KUBA nya gan :)

Saya pernah melakukan itu dgn memasukkan banyak broken link yang diredirect ke url baru..tp besok login ke blogger...ehhh ilangan semua tu...link redirect yg tlh kesimpan.Kenapa ya? Pa memang begitu? atau ada batas jumlah link yg harus diredirect?

oke deh nanti dicoba pengalihan link blognya

wahh menarik sekali nih. ku jungan ya di bloggedewek.blogspot.com

izin menambahkan gan ane .. semoga membantu.

http://www.perbangga.com/2015/11/cara-redirect-link-rusak-404-link-not.html

terima kasih. abis baca cara ngubah link permanen, ternyata ada efeknya. terima kasih infonya.
http://ptbanyakcerita.blogspot.co.id

informasi yang berguna,jadi mesti rajin-rajin cek link yang mati neh biar tetap sehat blognya reviewapaaja.com

ini dia yang cari soalnya lupa cara benerin broken link. Thx ia Mas Bro.
Follback dont forget me : https://www.viagraoriginal.xyz

Terima kasih anda telah :
Berkomentar dengan bijak dan jangan melenceng dari topik.
Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komen anda akan dihapus)
Please don't be SPAMERS!!!

 
notifikasi
close