Saturday, February 1, 2014

Cara membuat custom permalink pada blogspot

Hai readers... Custom permalink yang penulis maksud adalah sebuah URL yang dibuat dengan keinginan kita sendiri. Tahukah anda cara membuat custom permalink pada blogspot? Jika belum penulis akan memberitahukan cara membuat custom permalink agar blog lebih SEO friendly dan bisa tepat pada sasaran. Karena pada pengaturan default blogspot membuat permalink otomatis mengikuti judul yang anda buat dan hanya mempunyai panjang 70 karakter saja. 

Jika anda masih belum mengerti juga sebagai contoh postingan penulis kali ini mempunyai judul cara membuat custom permalink pada blogspot. Secara default blogspot akan menentukan URL postingan ini nantinya menjadi 

http://masdifa-blog.blogspot.com/cara-membuat-custom-permalink-pada.html

cara membuat custom permalink
Kemudian saat melihat tulisan tersebut anda bisa menangkap bahwa url tersebut kuranglah tepat sasaran. Pada apa? masih tidak jelas bukan? karena terpotong sebagian. Lalu bagaimana agar URL postingan bisa sesuai dengan keinginan kita? caranya cukup mudah sekali. Anda bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh blogspot yakni, "Tautan permanen". Dengan tautan permanen inilah kita dapat membuat url postingan kita bisa sesuai dengan keinginan kita dan menjadi lebih seo friendly.

Langkah - langkah membuat custom permalink pada blogspot : 

Setelah artikel anda selsai dibuat jangan buru - buru mempublish artikel anda. lihat dulu pada bagian menu "setelan entri" terdapat beberapa sub menu seperti label jadwal Tautan permanen dan lain - lain.
Klik pada "Tautan permanen" kemudian akan muncul dua opsi pilihan yakni, "Tautan permanen Otomatis" dan "Tautan permanen Khusus". Maka pilihlah opsi yang kedua "Tautan permanen Khusus" dan anda akan disuruh mengisikan kalimat yang nantinya menjadi url artikel anda. pada penulisan url tersebut pisahkan kata menggunakan tanda minus ( - ) sebagai ganti spasi. sebagai contoh url postingan artikel yang penulis buat pada mas-difa blog ini : cara-membuat-custom-permalink-pada-blogspot 


cara membuat permalink

Setelah anda mengganti Tautan permanen tersebut setelah artikel anda di publish maka nanti hasilnya akan menjadi sesuai keinginan kita, contoh : 

http://masdifa-blog.blogspot.com/cara-membuat-custom-permalink-pada-blogspot.html

URL tersebut adalah contoh url yang terdapat pada artikel ini. Dengan menggunakan cara ini maka url postingan anda tidak akan terpotong dan menjadi lebih seo friendly. Bagaimana apakah anda telah menggunakan custom permalink pada blog anda?

Note : Tautan permanen khusus ini hanya berfungsi sebelum anda mempublish artikel anda.

Demikianlah yang bisa penulis jelaskan mengenai cara membuat custom permalink pada blogspot. Semoga dapat membantu anda dan bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait

6 komentar

Ane coba dulu yah gan tipsnya moga berhasil dan bermanfaat


salah satu seo trik yahud ini :D

mas supaya setiap pointer menunujuk menu paling atas, agar alamatnya url tidak menampilkan tanggal bagaimana caranya ya? saya sudah pilih custom tapi tetap muncul tanggalnya mas (2016/02/judul posting . mohon pencerahannya

Terima kasih anda telah :
Berkomentar dengan bijak dan jangan melenceng dari topik.
Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komen anda akan dihapus)
Please don't be SPAMERS!!!

 
notifikasi
close