Tuesday, February 25, 2014

Mengenal bounce rate dan tips menghindarinya

mas-difa blog - Hai readers... Bagi sebagian para blogger belum mengetahui apa sesungguhnya apa itu Bounce Rate. Mungkin istilah tersebut pernah didengarnya akantetapi tidak terlalu diperhatikan. Secara garis besar yang bisa penulis katakan tentang bounce rate adalah sebuah perilaku pengunjung (visitor) sebuah blog yang hanya membuka sebuah halaman pada situs tertentu, dan kemudian setelah selesai membaca halaman tersebut sang visitor kemudian pergi meninggalkan situs tersebut.

Anda bisa melihat perilaku dari visitor blog anda melalui google analystic, alexa.com, maupun menggunakan histats.com. berikut contoh yang penulis ambil dari alexa.com

Tips menurunkan bounce rate

Ynag terkotak warna merah adalah pengunjung blog yang hanya mengunjungi satu halaman saja saat pergi ke situs kita. Dan penghitungan tersebut berbeda - beda untu google analystic, histats, maupun alexa. Karena masing - masing dari mereka menggunakan tolak ukur yang berbeda - beda dalam menghitung perilaku pengunjung di sebuah situs, dan tentunya bagi situs yang telah didaftarkan lho ya. :)

Lalu seperti apakah blog yang memiliki rasio perentalah yang bagus?

Menurut pandangan penulis blog yang memiliki nilai rental bagus adalah blog yang sedikit sekali memiliki bounce rate. Sama halnya dengan cara membuat blog ramai pengunjung dan komentar, anda harus berlomba - lomba untuk mendapatkan angka bounce rate yang kecil agar blog anda memiliki rasio perentalan yang bagus. Dan pada intinya semakin kecil angaka bounce rate yang dimiliki situs anda maka semakin bagus rasio perentalan yang dimiliki blog anda.

Tips menurunkan Bounce rate :

1. Inbound link

Pada saat menulis sebuah artikel jangan lupa untuk menyisipkan artikel anda yang lain pada artikel baru anda, tetapi bukan sembarangan artikel tapi usahakanlah artikel yang berkaitan dengan artikel yang sedang anda buat. Tidak perlu banyak dalam menerapkan inbound link, satu atau dua artikel saja sudah cukup untuk mengurangi bounce rate.

2. Fokus terhadap niche blog

setelah usut punya usut dan mengacu pada poin pertama. Niche blog juga mempunyai peran dalam terciptanya bounce rate karena visitor cenderung mencari informasi yang berkaitan dengan informasi yang sebelumnya dicari oleh pengunjung tersebut. suatu misal seorang pengunjung mencari informasi tentang cara meenghindari panas yang berlebih pada android dan disitu anda menyisipkan link tentang cara meningkatkan performa android maka pengunjung tertarik untuk melihat halaman tersebut juga.

3. Buatlah artikel yang menarik

Untuk membuat sebuah artikel yang menarik bukanlah perkara yang mudah. Sebagai modal awal anda harus menentukan  judul untuk artikel anda. Dan buatlah judul pada artikel anda tersebut unik dan lain daripada yang lain. Bagaimanapun juga seseorang kan melirik sesuatu yang unik terlebih dahulu sebelum beralih ke hal yang biasa.

4. Berusaha

Setelah anda mengetahui dan memahami poin - poin diatas ada baiknya anda menerapkannya pada saat anda menulis artikel untuk blog. Bukan maksud saya untuk menggurui ataupun memberi ceramah akan tetapi saya hanya berniat share pengetahuan. dan tidak ada salahnya jika kita juga berdo'a kepada-Nya agar senantiasa diberikan kelancaran dalam semua urusan kita termasuk urusan dunia perbloggingan. :) (amiin)

Demikianlah yang bisa penulis berikan mengenai tips menghindari bounce rate dan mengenal apa itu bounce rate semoga bermanfaat bagi anda dan khususnya bagi saya. Jika ada kemauan pasti ada jalan. Salam Blogger.

Artikel Terkait

8 komentar

kemaren terakhir kali liat bounce rate blog saya 33%, smoga aja tipsnya bisa menurunkan bounce rate blog saya. terimakasih infonya

@irfan : makasih mas
@achmad : sama2 mas bro

wah sangat mencerahkan mas artikel nya tentang bounce rate ini. Jadi sebaiknya bounce rate ini diturunkan ya angka nya agar kualitas halaman blog bisa bagus :)

Hampir sama dengan tulisan saya

hampir sama mirip itu suatu hal yang wajar si mas. >.< coba ae buanyak bangetkonten mirip atau hampir sama di jagat gugel. :D point2nya kemaren ane nyontek punya siapa lupa. :(

tq for coming. :)

Gue sih gak masalah bro. Gue malah suka kalo bisa bermanfaat buat orang banyak. Cuma gue ngerasa ada yg sama, tapi tidak masalah.. Happy Blogging :D

kalo ane sih make meta tag bgini gan <meta content='30' http-equiv='refresh' biar banyak page view di blog ane yang ini http://www.kazegdid.net

Terima kasih anda telah :
Berkomentar dengan bijak dan jangan melenceng dari topik.
Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komen anda akan dihapus)
Please don't be SPAMERS!!!

 
notifikasi
close