Sunday, January 19, 2014

Hal - hal yang sering dilupakan blogger


Hal - hal yang sering dilupakan blogger - Hai readers... Setelah mengamati beberapa blog entah itu blog yang telah sukses ataupun blog yang baru meluncur. Penulis bisa menyimpulkan beberapa hal yang berkaitan dengan beberapa hal yang sering dilupakan oleh seorang blogger. Dan hal tersebut menjadi 'kebiasaan' yang buruk bagi seorang blogger. Penulis akui, Kadang penulis juga melakukan 'kebiasaan' tersebut.

Anda bisa berhasil sukses menjadi seorang blogger dengan cara menulis konten yang berkualitas sekaligus yang 100% unik, submit artikel ke sosial bookmark dan lain sebagainya. Selain hal yang penulis utarakan tersebut, Hal yang tak kalah penting lainnya adalah menjaga sifat seorang blogger adalah hal yang juga perlu kita perhatikan.

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan seorang blogger untuk melakukan perihal yang seharusnya dilakukan oleh seorang blogger yang mencakup seorang blogger PRO maupun blogger pemula. entah itu karena kesibukan sang admin blog ataupun beberapa alasan lainnya.

hal yang sering dilupakan bloggerSo, apa sih sebenarnya yang sering dilupakan atau hal yang tidak boleh dilupakan oleh seorang blogger? berikut adalah diantaranya : 

1. Memeriksa tulisan dan mengedit artikel
Jika anda sering blogwalking atau sekedar mencari tips - tips seputar blog ada banyak sekali ditemukan tutorial yang sudah usang alias tidak diperbarui padahal fitur tersebut sudah dirubah oleh blogger.com. suatu misal anda mencari cara untuk memasang suatu kode didalam body blog. Disitu anda menemukan bahwa anda disuruh mengeksgan widget template. Yang sekarang fitur tersebut sudah di hilangkan dari blogger dan diganti dengan segitiga warna hitam yang bila di klik akan terekspan sendiri. Itulah salah satu diantaranya dan masih banyak hal lainnya yang penulis perhatikan mengenai hal ini. Atau mungkin terdapatnya tulisan pada artikel yang salah ketik sehingga memungkinkan tidak dipahaminya artikel tersebut oleh para pembacanya. Hal ini memang sepele tapi hal ini tidak boleh jadi kebiasaan sebagai seorang blogger.

2. Menyetujui, menanggapi, dan meninggalkan komentar
Menyetujui komentar kadang juga lupa dilakukan oleh sebagian para blogger yang disebabkan  oleh banyak alasan. mulai dari ini dari itu dan lain sebagainya. yang seharusnya hal tersebut adalah salah satu diantara hal utama yang harus dilakukan oleh blogger. Sedikit tips mengenai hal ini alangkah baiknya jika komentar anda tanpa harus menggunakan moderasi tetapi anda menggunakan metode seleksi komentar. Hal ini memang membuat ribet akan tetapi cara tersebut cukup nyaman bagi para blogger yang ingin berkomentar. Akan tetapi jika anda bisa setiap saat menyetujui komentar blog anda maka hal tersebut bukanlah masalah.

Menanggapi komentar ini adalah hal yang kadang sering diabaikan oleh blogger tak juga bagi penulis. Kadang penulis sendiri lupa untuk menanggapi komentar pengunjung. Hilangkan kebiasaan tersebut danbiasakanlah menjawab pertanyaan dari para pengunjung blog anda.

meninggalkan komentar, ini dia yang seringkali banyak diartikan salah oleh para blogger kebanyakan. pernahkah anda melihat komentar yang berisi "visit back ya", "blogwalking gan", "nyimak aja" dan lain sebagainya. Padahal etisnya bagi seorang blogger adalah meninggalkan komentar yang sesuai dan relevan dengan artikel yang dikomentarinya. yang bisa berupa pertanyaan kalau belum mengerti.

3. Lupa memasang ALT TAG pada gambar
Hal ini sering sekali saya lihat terutama blog yang baru mulai atau admin blog baru terjun di dunia blogging. Sepertinya ini adalah hal yang sepele akan tetapi hal ini sangatlah penting karena dengan pemasangan alt tag pada gambar kita berarti telah memberi tahu search engine mengenai apa gambar tersebut. Dan hal ini sangatlah bagus jika dilihat dari sisi SEO. jika anda tidak tahu ALTT AG anda bisa membaca artikel tentang cara memasang alt tag pada gambar

4. Lupa memasang title pada link yang dibuat
Ini juga merupakan hal yang sering dilupakan oleh para blogger baik blogger kawakan apalagi pemula yang belum mengerti tentang SEO. Jadi segeralah rubah kebiasaan anda tersebut dan mulailah memberika title pada link - link yang anda buat sehingga search engine juga bisa mengetahui mengenai apakah link tersebut.

5. Jangan abaikan newbie / pemula
Ini dia banyak saya menemukan kenyataan bahwa beberapa blogger sering sekali mengabaikan newbie. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang melakukan hal tersebut. mungkin karena pertanyaan yang diajukan kurang berbobot atau apalah yang mungkin pertanyaan tersebut tidak perlu jawaban. Perlu diketahui untuk menjadi admin yang baik anda perlu menjawab segala pertanyaan dari pengunjung anda dan memberikan solusi yang semaksimal mungkin. Mungkin dengan saran dari anda tersebut sang newbie puas akan jawaban dari anda maka akan sering berkunjung ke blog anda selain itu dia juga akan merekomendasikan blog anda kepada teman- temannya. Ini merupakan dampak positif bagi blog anda. benar tidak?

Itulah sedikit yang bisa saya jelaskan mengenai hal yang sering dilupakan oleh seorang blogger dan seharusnya ini tidak boleh dilupakan baik anda seorang blogger kawakan maupun blogger pemula. semoga tips ini memberi manfaat bagi anda. Salam blogger!

Artikel Terkait

7 komentar

Ane malah ga pernah pasang ALT TAG pada image. masih perlu belajar lagi seo.

This comment has been removed by a blog administrator.

@abas : sep mas, mkasi udah mampir.
@surya : terima kasih
@titis : pemasangan title tag pada gambar mba. next saya akan bahas. :D

terimakasih gan,,artikel2 nya sangat bermanfaat

terima kasih gan, sangat bermanfaat

makasih gan artikelnya menarik sekali


kunjungi website sederhana saya
www.haruhiblog.biz

Terima kasih anda telah :
Berkomentar dengan bijak dan jangan melenceng dari topik.
Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komen anda akan dihapus)
Please don't be SPAMERS!!!

 
notifikasi
close